Menjadi Komunikator Handal - Ilmu Public Speaking


Mau tahu cara menjadi public speaker yang handal?
ikuti penjelasan berikut ini : 
 
KOMUNIKASI EFEKTIF

Komunikasi yang efektif adalah cara sukses menyampaikan pesan Anda. Anda akan sukses jika Anda telah menggunakan komunikasi untuk mencapai tujuan yang Anda diinginkan. Komunikasi yang efektif tidak harus tajam atau bertele-tele. Pidato yang berhasil tidak harus membuat air mata turun bagi semua yang mendengarkannya. Apa yang diperlukan adalah bahwa pesan pembicara telah berhasil diserap para hadirin. Kemampuan untuk mengundang air mata atau tertawa mungkin merupakan keterampilan yang hebat tetapi itu bukan persyaratan untuk komunikasi yang efektif.
Banyak contoh komunikator yang ahli dalam masyarakat. Biro periklanan misalnya mempekerjakan ahli dalam mengkomunikasikan sebuah pesan. Periklanan memiliki banyak cara untuk membawa pesan: ada iklan lucu, iklan serius; ada iklan yang menampilkan banyak citra, ada yang lebih sederhana. Agar efektif, sebuah iklan harus memenuhi satu persyaratan saja : harus menjual produk dengan menyampaikan pesan. Hal yang sama berlaku bagi komunikasi yang efektif.
Banyak orang memandang kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sebagai bentuk hak asasi. Ungkapan “Engkau berhasil atau tidak” seringkali dikaitkan dengan ketrampilan komunikasi. Persepsi yang salah adalah bahwa ketrampilan ini diwariskan ketimbang dipelajari. Dan jika pembicara efektif, bukan karena berupaya untuk itu, tetapi karena mereka beruntung.
Sah-sah saja pendapat itu. Memang ada sebagian orang yang benar-benar pembicara yang baik, tetapi setiap orang dapat belajar untuk menjadi seorang komunikator yang efektif. Kita semua mengetahui dasar-dasar berbicara, tetapi banyak orang ketrampilan berkomunikasi yang harus dipelajari. Misalnya, ada beberapa orang yang mengetahui bagaimana menggunakan kontak mata saat berbicara kepada satu orang di antara lima ratus hadirin. Hal ini sebenarnya ketrampilan yang mudah dipelajari, bukan yang dimiliki secara turun temurun.

TUJUH KIAT SUKSES BERKOMUNIKASI YANG EFEKTIF (DI SETIAP SITUASI)

FOKUSKAN PADA SASARAN YANG TEPAT; Dalam perang… biarkan sasaran besar Anda menjadi pemenang, bukan kampanye yang memanjang (SUN TZU, THE ART OF WAR).

KATA-KATA KUNCI
Pentingnya mendefinisikan sasaran atau tujuan
·   Komunikasi tanpa sasaran yang jelas mungkin akan berjalan tidak terarah dan hanya sedikit yang dicapai.
Definisikan sasaran
·   Gambarkan seperti apa sukses itu.
·   Buatlah spesifik sasaran Anda, bukan secara umum.
·   Jangan membuat rancu proses-bagaimana mencapai tujuan Anda-dengan sasaran-apa yang ingin Anda capai dengan komunikasi tersebut.
Buatlah jelas isi pesan Anda
·   Bujuk: tentukan dengan jelas siapa yang ingin Anda bujuk; yang sering terjadi hanya ada sedikit pengambil keputusan.
·   Informasikan: bedakan antara presentasi fakta dan sudut pandang; jika Anda hanya ingin bermaksud mempresentasikan fakta yang kontroversial, maka jangan terjebak dalam perdebatan dan perbedaan pendapat.
·   Inspirasi: dalam tipe komunikasi ini gaya biasanya lebih penting daripada substansi-Anda diharapkan mampu menyampaikan lebih daripada sekadar pendapat yang meyakinkan untuk memberi inspirasi kepada hadirin.
·   Menghibur: untuk berhasil Anda harus tampak wajar dan spontan jika bercerita tentang humor atau gurauan.

KATA-KATA KUNCI
Kenali hadirin
·   Lebih jauh Anda mengenal hadirin, akan lebih komunikatif komunikasi Anda.
·   Sampaikan pesan sesuai kebutuhan dan keinginan pendengar, buka atas minat Anda.
·   Ketahui apa respon pendengar dan sesuaikan pesan Anda.
Jadilah seorang ahli
·   Anda harus memiliki kewenangan atas isi pidato Anda.
Asli
·   Materi yang asli dapat membuat gagasan yang umum menjadi menarik dan menambat hati hadirin.
·   Kendali dan manfaatkan rasa gugup.
Pilihlah kisaran yang benar
·   Anda dapat memperoleh pesan yang sama melalui penarik atau tongkat; Anda perlu menengok ke pelanggan untuk mengerjakan apa yang lebih efektif.

CIPTAKAN STRUKTUR YANG EFEKTIF

KATA-KATA KUNCI
Jaga tetap sederhana
·   Tiga poin jauh lebih mudah untuk dipahami dan dicerna daripada banyak poin.
·   Ringkas-jika terlalu berlama-lama atau menyajikan detail yang tidak perlu, hadirin akan kehilangan minat.
Siapkan pembukaan dan penutupan yang kuat
·   Pembukaan Anda penting untuk mendapatkan perhatian hadirin, dan penutupan Anda akan menjadi diingat oleh mereka; karena itu penting untuk mempersiapkan kedua hal tersebut sebelumnya.
Sajikan struktur yang transparan
·   Penunjuk arah mempermudah hadirin untuk mengikuti presentasi atau pidato Anda dan membuat catatan.
Gunakan catatan secara efektif
·   Catatan mengurangi keperluan menghapalkan bbanyak materi.
·   Bulatan tanda poin membantu menjaga struktur yang sudah dipersiapkan dan mengingatkan Anda akan kata-kata kunci.
·   Petunjuk panggung dapat membantu gaya presentasi Anda.

MENYAJIKAN GAYA YANG EFEKTIF

KATA-KATA KUNCI
Gaya pidato
·   Tidak ada gaya tertentu yang lebih disukai.
·   Setiap orang dapat berkembang-berbicara dengan baik bukanlah kemampuan yang diwariskan.
·   Setiap orang perlu berkomunikasi dengan baik, bukan hanya pembicara publik.
Cara penyampaian
·   Gunakan bahasa yang sesuai dengan konteksnya.
·   Pilihlah kata-kata dengan hati-hati.
·   Arahkan untuk kejelasan dan gunakan bahasa yang datar.
·   Gunakan volume, kecepatan, dan nada yang cocok.
·   Humor bermanfaat, tetapi jangan terlalu banyak digunakan atau merasa bahwa Anda harus lucu.
·   Perulangan dapat menjadi cara penekanan yang efektif.
Presentasi visual
·   Pertahankan kontak mata.
·   Isyarat tangan harus menambah pesan Anda, bukan menguranginya.
·   Visualnya hendaknya tidak juga mengurangi.
·   Alat bantu visual dapat membantu membuat poin-poin yang kompleks menjadi sederhana.
·   Hindari mengandalkan pada catatan.

itulah beberapa cara untuk bisa menjadi public sepaker yang handal. 

Ingin tahu lebih jauh tentang public speaking? 
Silakan hubungi tim kami...
2 comments

2 comments :